Thursday, May 8, 2014



Credibility of Argumentative Essay In a Fact
Complex. Complex merupakan pembelajaran writing di dalam suatu aspe yang terdapat di dalamnya. Mengapa saya katakana demikian? Sebab selain diterapkan dalam tulisan, kita juga harus ingat sebelum menjadi tulisan tersebut adalah melalui tahap proses pemikiran atau bekerjanya suatu otak dalam setiap yang dikerjakan. Sehingga menghasilkan suatu tulisan yang di dalamnya mencakup suatu opini ataupun argument yang rasional.
            Pembahasan kali ini ada beberapa poin yang saya jabarkan di dalam class review. Di dalamnya mencakup Opini dan Arumentative. Apa yang akan terjadi jika di dalam suatu tulisan tidak ada sebuah Opini ataupun Argumen? Pasti tulisan tersebut tidak menarik bukan? Dan hanya melihat satu sudut pandang dari text tersebut. Sehingga perlu dipertanyakan apakah tulisan tersebut layak untuk dipublikasikan ataupun tidak?
            Jadi pembahasan mengenai opini ini merupakan tahap kita dalam merespon sebuah text atau artikel agar dapat merangsang para mahasiswa dalam mengemukakan pendapnya. Jadi yang dimaksud opini dan argumentative adalah sebagai berikut:
Argumentative essay adalah suatu jenis dari writing  bahwa persyaratan siswa untuk mengamati jenis topic: terhimpun, menghasilkan dan juga mengevaluasi, mendidik, dan menentukan sebuah posisi di dalam topic dengan cara yang singkat. Dalam percakapan umum, argumentative adalah diskusi yang melibatkan sudut pandang yang bertentangan atau alasan logis untuk memengaruhi. Namun yang perlu diingat adalah beberapa masih kebingungan yang dapat terjadi antara argumentative essay dan expository essay.
Dua jenis ini merupakan jenis persamaan, tetapi argumentative essay berbeda dengan expository essay di dalam jumlah inovasi dari pre-writing dan penemuan yang mengikutinya. Argumentative essay umumnya adalah diperuntukan sebagai capstone atau selesainya pekerjaan tersebut di dalam tahun pertama ataupun komposisi di tahun berikutnya dan meliputi jangka panjang, penelitihan yang secara mendetails. Sedangkan dalam expository essays meliputi lemahnya penelitian dan bersifat dalam jangka waktu yang pendek. Expository essay biasanya digunakan untuk latihan menulis atau tests seperti GED,GRE.
Selanjutnya masuk kepada Argumentative. Di dalam argumentative essay itu membutuhakan sebuah ajakan kepada penonton untuk menyadari beberapa poin. Ini mewajibkan beberapa kemampuan dan pendekatan yang menunjukan respek dari poin of view: dapat memilih kosakata dengan berhati-hati ataupun menulis dengan jelas dan berlogika. Hal tersebut berhubungan juga dengan topic. Kita harus memikirkan topiknya adalah apa?
Sebuah argumem itu membutuhkan penelitian yang lebih dalam sebab apa yang kita ungkapakan harus sesuai dan dibuktikan dengan fakta pendukung untuk menguatkan dari argument tesebut. Selain penelitian yang lebih dalam juga terdapat sebuah phenomenon. Jelas sekali bahwa di dalam argumemtative mencakup sebuah phenomena yang terjadi itu terdapat di dalamnya. Juga sebagai data. Sebuah data di dalam argumentative dapat membuktikan apa yang kita ungkapkan di dalam respon kita.    
Debate=exposition=research
Research bukan hanya menulis ada, dan hanya di tulis. Tetapi perlu pendalaman khusus.
Ada beberapa level dalam penulisan argumentative essay yaitu
1.         Define The Topic
Dalam penulisan argumentative essay beberapa topic harus di definisikan. Seperti contoh jika kita ingin membuat topic pendidikan yang bermoral maka penjelasannya adalah yang mencakup dari topic tersebut. Ingat bahwa kita telah belajar topic dan bagian-bagian dari sebuah paragrap yang utuh. Selain topic juga biasanya di dukung oleh topic sentence, controlling idea ataupun supporting idea dan bagian-bagian tersebut harus muncul pada introduction yang jelas. Sebab jika pada bagian introduction yang tidak jelas maka pembaca susah untuk memahami.
2.      Limit The Topic
Dalam sebuah topic tidak sepenuhnya bebas, melainkan ada sebuah batasan. Contohnya : jika kita membuat topicnya tentang “ letter grades” dan thesisnya menyatakan “teacher should not use letter grades”, readers may kindergarden through college”or just certain teachers” should not use them. Jika kita gambarkan opini adalah sebagai berikut:
Opini
Penjelasan (fakta)
Penjelasan (fakta)
Penjelasan (fakta)
Penjelasan (fakta)
Supporting Reasons
Dapat Juga Di Gambarkan
Opini-Facta-Facta-Beberapa Ppendapat-Argument->Persuation
3.      Analyse The Topic
Analysis pada topic ini bukan hanya mencakup topiknya saja melainkan generic structure dari sebuah topiknya harus jelas dan kalimatnyapun harus berkaitan dari topic tersebut. Pada poin  analyse ini harus menganalisis terlebih dahulu dari topic yang akan di bahas secara tuntas. Kebanyakan argumentative mempunya 2 poin of view yaitu for dan against. Dalam For dan against kita dapat memulainya dengan yes/no question. Seperti: di dalam kasus papua, jika pendapatnya ingin mendukung, berikan alasannya, tetapi jika tidak mendukung berikan pula penjelasan dan alasannya. Dari yes/no question itu di jelaskan masing-masing konsekuensinya.
4.      Thesis Statement
Jangan lupa untuk thesis statementnya semua dari pola di atas harus saling sinkron atau berhubungan. Di bawah ini contoh sederhana dari sebuah opinion
Opinion: HSS should work during the school year
ü  They can save for college
Thesis statement dari sebuah argumentative essay harus berisikan sebauh opini. Opini biasanya mengekspresikan dengan modal verb yaitu menggunakan “should” or evaluate seperti” good and bad”.
Contohnya : TeenAgers should havepart-time jobs
ü  Part-time work is good for teenager
ü  Part-time work is bad for teenager
Dan alasanya mengikuti seperti Remaja mendapatkan pekerjaan setengah waktu itu adalah buruk karena dengan melakuakn pekerjaaan setengah waktu remaja dalam kualitas belajarnya menurun. Begitupun sebaliknya yaitu tulislahbeberapa opini yang mendukung dari thesis statement.selaian itu juga kita memberikan “ suggestion” sebelum selesai membuatnya dari poin of view, kita harus menyisipkan sebuah masukan yang mendukung dari opini yang kia buat yaitu seperti ide yang bagus untuk dapat melengkapi dari sebuah opini yang kita tulis sehingga pernyataan tersebut sangat di dukung dan baik untuk di dengar. Kekuatan dari sebuah alasan itu salah satunya adalah mampu dipercaya, relevant (berhubungan), dan (important) penting.
Sebuah thesis yang lengkap juga memiliki alasan atau argument yang mendukung
A complete thesis statement= reasons/ supporting arguments.
Contonya: Employers should hire teenagers  (REASON) because they are eager to work, they are flexible, and they have the knowledge and skills reguired to do many entry-level jobs.( SUPPORTING ARGUMENTS).
THESIS STATEMENT JUGA DAPAT TERBALIK DARI view seperti:
While some people say that teenagers do not have good work ethic, employer should hire teenagers because the are eager to work, they are flexible, and they have the knowledge and skills required to do many entry-level jobs.
ü  They can make new friends
ü  They can learn responsibility
ü  They may discover a career for themselves
Opinion: HSS should not work during the school year
ü  They can get better grades if they do not work
ü  They can participate in extracurricular activities.
Dari beberapa bagian di atas kita membuat sebuah awalan (introduction) hal yang pertama yang kita lakukan adalah
Introduction=genesis=muka gimah
Definition
Limited
Analyysee the topic
            Jadi kesimpulannya bahwa opini dalam pendapat, pemikiran, pendirian, pandangan, prespektif dan tanggapan mengenai suatu kejadian, keadaan dan pembicaraan orang berpendapat bahwa perempuan merokok adalah perempuan yang tidak benar. Padahal belum tentu begitu. Nyatanya banyak perempuan perokok yang merupakan orang baik-baik. Jadi pendapat ini adalah hanya berdasarkan sudut pandang pribadi atau kelompok orang saja, tidak ada yang memferivikasi (menjamin) bahwa pendapat itu 100% benar adanya. Tetapi untuk meminimalisir kesalahan dalam argumentative essay mengemukakan pendapat tersebut harus benar-benar memiliki banyak sumber dan beberapa puluhan artikel yang telah dibacanya sehingga dapat mendukung penuh dari pendapat kita seperti tugas kita yang membuat argumenatative essay yang berargumen tentang papua harus dilepas dari NKRI atau tidak.

0 comments:

Post a Comment