Monday, May 12, 2014

Meskipun berat untuk melangkahkan langkah untuk mendapatkan ilmu tapi aku berusaha untuk menghilangkan rasa malasku dengan penuh asa dan menghilangkan fatamorgana. Karena Mata Kuliah Writing 4 ini jadwal masuknya adalah jam 6 pagi. Sungguh dahsyat sekali. Tapi aku senang karena aku bisa melihat matahari terbit dengan cuaca yang masih petang aku bergegas berangkat ke kampus untuk mengikuti mata kuliah Writing 4 ini.
Kini subjek berikutnya mengenai garapan tentang argumentative essay yang akan menelusuri tentang setuju atau tidak setuju terhadap PAPUA di lepas dari NKRI. Kembali pada kegiatan menulis. Menulis adalah suatu proses kreatif yang dilakukan melalui tahapan yang harus dikerjakan dengan mengerahkan keterampilan, seni, dan kiat sehingga semuanya berjalan dengan efektif. Kegiatan menulis diibaratkan sebagai seorang arsitektur yang akan membangun sebuah gedung.
Karena dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Dengan menulis memudahkan kita merasakan dan menikmati hubungan–hubungan, memperdalam daya tanggap atau persepsi kita, memecahkan masalah yang kita hadapi, menyusun urutan bagi pengalaman, dapat menyumbangkan kecerdasan.Menulis dapat membantu mengembangkan kepuasan pribadi,kebanggaan,perasaan harga diri artinya dengan menulis bisa melejitkan perasaan hrga diri yang semula rendah degan menulis dapat meningkatkan kesadaran dan penyerapan terhadap lingkungan.
Argumentasi merupakan karangan yang berusaha menjelaskan suatu masalah dengan menyajikan alasan-alasan. Ketika mengembangkan karangan ini, Penulis harus menganalisis dan menjelaskan suatu masalah secara terperinci dan mendalam, alasan-alasan yang dikemukakan harus didukung dengan bukti-bukti yang menyakinkan. Dengan kata lain, argumen adalah suatu proses bernalar.
Menulis Ekspositori adalah jenis tulisan yang digunakan untuk menjelaskan, mendeskripsikan, memberikan informasi, atau menginformasikan. Teks ini diselenggarakan sekitar satu topik dan dikembangkan sesuai dengan pola atau kombinasi pola. Penulis teks ekspositori tidak dapat mengasumsikan bahwa pembaca atau pendengar memiliki pengetahuan sebelumnya atau pemahaman sebelumnya dari topik yang sedang dibahas. Karena kejelasan membutuhkan organisasi yang kuat, salah satu mekanisme yang paling penting untuk meningkatkan keterampilan dalam eksposisi adalah untuk meningkatkan organisasi teks. Pola yang ditunjukkan di bawah ini sering digunakan untuk membuat sebuah esai ekspositori. Selain itu, lebih dari satu pola dapat digunakan dalam sebuah esai ekspositori.Argumentatif esai adalah genre penulisan yang mengharuskan siswa untuk menyelidiki topik; mengumpulkan, menghasilkan, dan mengevaluasi bukti; dan membangun posisi. Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.ada topik secara ringkas.
Argumentasi adalah dalam menulis esai argumentatif Anda harus membujuk audiens Anda untuk mempertimbangkan sudut pandang Anda, bahkan jika mereka mungkin tidak setuju dengan Anda. Hal ini membutuhkan beberapa perawatan dan keterampilan: Anda perlu menunjukkan rasa hormat karena menentang sudut pandang, Anda harus memilih kosa kata dengan hati-hati, dan, di atas semua, Anda harus menulis dengan menentukan topik.
Beberapa topik memerlukan definisi. Misalnya, jika topik Anda adalah "Haruskah sekolah memberikan pendidikan moral?" Anda harus menjelaskan apa pendidikan moral. Bagaimana Anda mendefinisikan istilah? Apa yang harus dilakukan selanjutnya? atasi topik! Beberapa topik argumentatif memerlukan membatasi. Misalnya, jika topik Anda adalah "surat nilai" dan tesis Anda mengatakan "guru tidak harus menggunakan huruf nilai", pembaca mungkin bertanya-tanya apakah Anda berarti "semua guru di semua tingkatan dari TK sampai perguruan tinggi" atau "guru tertentu saja" tidak menggunakan bahu mereka. Apa selanjutnya? Analisis topik!
Mereka bisa mendapatkan nilai yang lebih baik jika mereka tidak bekerja Mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sebelum membuat keputusan akhir tentang sudut pandang Anda sendiri pandang, itu adalah ide yang baik untuk mengevaluasi kekuatan dan alasan yang mendukung Anda telah terdaftar. Alasan yang kuat adalah salah satu yang dipercaya, relevan, dan penting. Untuk menguji setiap alasan pada daftar Anda, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini: apakah itu benar/ Apakah jelas terhubung ke topik saya? Apakah itu penting, atau tidak memiliki konsekuensi nyata.
Pernyataan tesis dari sebuah esai argumentatif harus berisi pendapat. Pendapat biasanya dinyatakan dengan kata kerja modal "harus" atau evaluatif seperti "baik" dan "buruk". Remaja harus memiliki pekerjaan paruh waktu. Kerja paruh waktu yang baik untuk remaja.
Sebuah pernyataan tesis lengkap juga mengandung alasan, atau argumen yang mendukung: Pengusaha harus mempekerjakan remaja karena mereka bersemangat untuk bekerja, mereka fleksibel, dan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan banyak pekerjaan masuk level. Sebuah pernyataan tesis juga mengandung pandangan yang berlawanan.
Sementara beberapa orang mengatakan bahwa remaja tidak memiliki etika kerja yang baik, majikan harus memperkerjakan remaja karena mereka bersemangat untuk bekerja, mereka fleksibel, dan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan banyak pekerjaan masuk level.
Struktur Argumentatif essai adalah dimulai dari  introduction
v  Definition : definisi adalah mengawali dan memperkenalkan apa dari topik itu sendiri.
v  Limitation : Bagian untuk membatasi sebuah topic supaya pembahasannya karangannya lebih teratur
v  Analysis : Untuk menguraikan issue lebih dalam lagi agar bisa terdeteksi suatu kronologi masalahnya.

               Struktur argument yang kedua adalah Body yaitu berisi penjelasan, alasan atau opini yang hendak dikemukakan. Disertai dengan data-fakta yang kuat. Isi ditulis dalam point-point kemudian jelaskan dalam bentuk paragraf. Seperti First point, Second point, Third point, dan lain-lain.
3. Conclusion : Pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung tanggapan terhadap suatu objek. Atau dapat pula dikatakan bahwa kesimpulan merupakan akhir dari suatu uraian berupa informasi.

Jadi. Kesimpulannya argumentative essay adalah opini tentang suatu persoalan yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat dan penulis menyampaikan argumen atas persoalan tersebut berdasarkan pengetahuan dan pandangan yang dia anut. Opini dan argumen yang disampaikan harus didukung dengan data-data yang handal dan disampaikan secara logis dan komprehensif. Esai ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca tentang persoalan yang dibahas yang ditinjau dari kaca.

0 comments:

Post a Comment