Friday, May 30, 2014

Proses dalam Menulis
            Pada pertemuan kali ini, kegiatan pada mata kuliah Writing 4 yaitu perevisian argumentative essay. Hal yang erlu diperhatikan yaitu title, working thesis dan generic structure. Kemudian, penjelasan mengenai problem solving, generative, recurtive, collaborative, dan developmental.
            Keterampilan menulis akan membantu seseorang dapat berpikir secara kritis, karena dalam menulis seseorang lebih maksimal dalam menyikapi suatu hal dan informasi tertentu yang ia temukan di daerah sekitarnya. Begitu pun dalam membuat argumentative essay. Seseorang akan berpikir keras untuk menyikapi suatu hal dan mencari data atas apa yang menjadi point of view nya. Untuk membuat argumentative essay, penulis harus melakukan pendalaman analisis. Hal ini agar menghasilkan kualitas menulis yang baik. Kualitas menulis yang baik yaitu good reaching.
            Ken Hyland dalam bukunya Teaching and Researching Writing (hal 80), mengatakan terdapat 5 prosesdalam menulis, yaitu
1.      Problem solving
2.      Generative
3.      Recurtive
4.      Collaborative
5.      Developmental
Problem solving
            Problem solving (pemecahan masalah) yaitu penulis menggunakan invention strategies dan extensive planning untuk menyelesaikan masalah retoris. Pemecahan maasalah adalah kesamaan untuk semua disiplin ilmu dan mendasar untuk semua aktivitas manusia. Seorang enulis adalah pemecah masalah. Penulis “solusi” akan ditentukan oleh bagaimana mereka membingkai masalah tertentu, tujuan yang ditetapkan, dan sarana atau rencana yang mereka adopsi untuk mencapai tujuan tersebut.
            Menulis sebagai kegiatan pemecahan masalah bertujuan untuk kesadaran dalam konsep yang penulis buat. Ini akan membuat penulis sadar dan membawa konsep yang lebih efektif dan akhirnya menjadi strategi untuk memecahkan masalah (Carol Berkenkotter, Writing and problem Solving). Sehingga, pada dasarnya menulis itu dilihat sebagai kegiatan pemecahan masalah: bagaimana pendekatan penulis pada tugas menulis sebagai masalah dan membawa sumber daya intelektual untuk memecahkan masalah tersebut.
Generative
            Generatif yaitu penulis mengeksplor dan menemukan ide yang mereka tulis. Dalam teori belajar generatif merupakan suatu penjelasan tentang bagaimana seorang siswa membangun pengetahuan dalam pikirannya seperti membangun ide tentang arti suatu istilah dan membangun strategi agar sampai pada suatu penjelasan tentang pertanyaan bagaimana dan mengapa.
Adapun beberapa strategi penemuan dan pengembangan ide, yaitu
-          Outlining : mengumpulkan garis besar. Strategi ini bekerja sangat efektif ketika kita sudah memiliki beberapa ide tentang apa yang mungkin kita ingin tulis tetapi tidak yakin bagaimana untuk mengatur dan mengembangkannya.
-          Notice and focus : menuis tentang poin yang paling menarik dan mengungkapkan apa yang kita lihat dari teks yang kita baca. Lalu, urutkan poin kemudian jelaskan mengapa urutan yang kita buat atas apa yang kita tulis demikian. 5 strategi ini sangat efektif ketika kita harus memberikan analisis atas suatu teks yang dibaca.
-          The method : mencari pola, pengulangan, kontras, dan anomali dalam teks-teks yang telah dibaca. Strategi ini bekerja sangat efektif ketika kita perlu untuk mengsinteksis teks.
-          Free writing : menulis tentang topik untuk jangka waktu tertentu tanpa henti, bahkan jika kita merasa apa yang kita tulis tidak baik.
-          Looping : alternatif freewriting dengan refleksi. Menulis untuk jangka waktu tertentu pada suatu topik dan kemudian berhenti dan menulis refleksi pada apa yang baru saja ditulis. Diskusikan refleksi kita dengan orang lain, kemudian free write lagi berdasarkan diskusi tadi. (Rossenwasser, David, Jill Stepsen. Writing Anatically. 4th edition. Boston : Thomson, 2006).
Recurtive
            Recurtive yaitu penulis seringkali membuat revisi dan memodifikasi textnya seperti yang mereka tulis dan seringkali memnghasilkan beberapa draft untuk menyelesaikan hasil tulisannya. Menulis merupakan proses yang melibatkan 4 langkah yang berbeda, yaitu
1.      Pra penulisan
Yaitu sesuatu yang dilakukan sebelum menulis draft. Ini termasuk berfikir, mencatat, berbicara dengan orang lain, brainstorming, dan mengumpulkan informasi.
2.      Drafting
Terjadi ketika menempatkan ide-ide ke dalam kalimat dan paragraf. Di sini kita berkonsentrasi pada penjelasan dan pendukung ide-ide kita sepenuhnya.
3.      Merevisi
Disini kita berpikir lebih dalam tentang kebutuhan dan harapan pembaca. Sehingga, pembaca sebagai pusat. Pada tahap ini juga kita memperbaiki prosa kita, membaut setiap kalimat seakurat mungkin. Membuat hubungan antar ide secara jelas.
4.      Editing
Periksa hal-hal seperti tata bahasa, mekanik dan ejaan. Jangan mengedit tulisan sampai langkah-langkah lain dalam proses penulisan selesai.
Collaborative
            Collaborative yaitu penulis mendapat manfaat dari umpan balik yang terfokus dari berbagia sumber. Mengingat bahwa menulis merupakan sesuatu yang kompleks, banyak cara untuk menyatakan makna. Dengan beberapa penulis, ini menambah kompleksitas. Tindakan kolaborasi dan menulis berkaitan dengan authoring collaborative meliputi : mendirikan sebuah agenda atau tujuan dari upaya kolaborasi, mengkomunikasikan ide-ide dan mengelola konflik.

Developmental
            Yaitu penulis tidak harus dievaluasi hanya pada produk akhir mereka, tetapi pada perbaikan mereka. Sehingga, disini yang dilihat prosesnya bukan hasilnya.
            Kesimpulannya, menulis merupakan kegiatan literasi yang mana dapat membuat orang menjadi berpikir kritis, termasuk argumentative essay. Adapun proses mwnulis menurut Ken Hyland, yaitu problem solving, generative, recurtive, collaborative, dan developmental. Proses-proses tersebut akan sangat bermanfaat dalam penulisan argumentative essay.



1 comments:

  1. Casino City Map & Directions - MapyRO
    Welcome to MapyRO, America's #1 광명 출장마사지 destination for fully licensed, 김천 출장마사지 regulated casino 김포 출장마사지 gaming, entertainment and gaming. Place your bets at any 경상남도 출장안마 of 군산 출장안마 17 licensed and

    ReplyDelete