Sunday, April 6, 2014



Laela Nur Komariah
PBI-B
Class Review
Peer Review
Tidak terasa ternyata kita sudah hampir mencapai puncak. Setelah kita melewati beberapa batu terjal, badai, dan angin. Berkat usaha dan do’a kita masih bertahan untuk bisa mencapai puncak tertinggi writing 4.
Pada pertemuan kemarin kami melakukan peer review hasil critical review kita. Namun rupanya kita harus menelan kekecewaan karena paper yang kita buat itu salah dalam generic structurenya. Seharusnya kami menuliskan secara gamblang mana introduction, summary, critique, dan conclusion. Karena seperti yang Pak Lala ucapkan kemarin, generic structure itu kita anggap sebagai rambu-rambu yang akan menjaga tulisan kita atau sebagai pembatas tulisan kita agar tidak melenceng dari topik pembahasan.
Pada minggu kemarin hanya “Qois” yang benar dari segi gramaticalnya. Dan itu harus membuat kita berlari lebih cepat lagi untuk memperbaiki semuanya terutama dari segi gramatical dan isinya.
Salah satu tugas penulis adalah untuk mengungkap kemungkinan-kemungkinn baru. Misalnya dalam buku Zinn, di sana Zinn sebagai author mengungkap fakta tentang Colombus, bahwa sebenanya penemu benua Amerika itu bukanlah Colombus yang orang ketahui selama ini. Melainkan Cheng Ho yng lebih dulu melalukan pelayaran jauh sebelum Colombus, dan ternyata fakta sejarah membuktikan bahwa Colombus menemukan copy-an peta yang dibuat oleh Cheng Ho ketika melakukan pelayaran.
Walaupun Zinn tidak menjelaskan secara detail tentang penemu Amerika, paling tidak ia sudah merubah mindset orang sedikit demi sedikit tentang Colombus. Dan ia mulai berhasil bahwa memang tujuan ia menulis adalah untuk merubah pandangan hidup seseorang, mulai dari hal terkecil sekalipun.
Selanjutnya yaitu peer review. Peer review adalah suatu proses pemeriksaan atau penelitian suatu karya atau ide penulis ilmiah oleh pakar lain di bidang tersebut. Orang yang melakukan penelaahan ini disebut peer reviewer. Proses ini dilakukan terutama oleh editor atau penyunting untuk memilih dan menyaring tulisan yang dikirim, dan juga oleh badan pemberi dana, untuk membuat pengarang memenuhi standar keilmuan pada umumnya.
Tidak berbeda jauh, tetapi peer review yang kita lakukan adalah peer review sederhana. Karena kita hanya perlu menempatkan posisi sebaik mungkin. Kita harus menjadi good writer dan good reader dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu kita akan dengan mudah menilai diri kita sudah sampai mana tahap atau posisi kita.
Menjadi good reader itu tentu tidak mudah. Banyak sekali ilmu yang harus dimiliki. Good reader harus akrab dengan perpustakaan dan buku-buku. Karena good reader akan mengaplikasikan ilmu yang didapat kepada penulis.
Jadi kesimpulannya menulis itu adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Menulis dapat mengurangi beban fikiran kita, kasihan sekali jika segala sesuatunya harus kita simpan sendiri di dalam otak. Andai mereka dapat berbicara pasti akan meronta-ronta agar ia dapat mengeluarkan seluruh isinya.
Peer review adalah jalan yang paling baik agar kita bisa menilai tulisan kita dan tulisan orang lain. Ingat, kita harus menjadi good reader dan good writer dalam waktu yang bersamaan, agar kita bisa membedakan rasanya menjadi writer dan reader.

0 comments:

Post a Comment