Nama: Resa Novianti
Class: PBI_B Assignment:
Class review
Transformasi Bahasa Pada
pembelajaran pertama mata kuliah writing & comprehension 4 oleh Mr.Lala
Bumela,M.pd tanggal 3 february 2014, beliau sedikit menjelaskan tentang
sistematika kontar belajar sealam satu semester yang harus dilaksanakan oleh
para mahasiwa. Beliau juga menjelaskan bagaimana proses dan tahap tahap agar
dapat membuat sebuah tulisan yang baik dalam segi struktur maupun bahasanya. Di
hari pertama ini, kita sudah disuguhkan dengan 3 jurnal yang harus siap di
analisis. Kita dapat memberikan argument, opini , kekurangan dan kelebihan teks
,juga saran. Setelah itu, Mr lala menjelaskan materi dalam power poin. Belajar
bagiamana menulis dalam bahasa kedua pada aspek dalam suatu pembelajaran .
Setiap orang memiliki Cara yang berbeda beda dalam mengembangkan cara bahasa
dalam Pembelajaran menulisnya. Bahasa yang telah aku pelajari selam hampir 20
tahun ini salah bahasa Indonesia dan sekarang aku harus mencoba beralih. Saat
ini Lidahku yang biasa aku pakai, seolah tidak lebih dari dawai tak bersimfoni.
Tidak dapat merasakan nada yang harmonis. Semuanya terasa membingungkan ketika
aku harus mencoba berbahasa inggris dan mengaplikasikannya dengan benar. Bahkan
bagi mereka yang berbahasa inggris sebagai bahasa pertama kemampuan untuk
menulis secara efektif adalah sesuatu yang memerlukan intruksi eksensive dan
khusus. Mempelajari bahasa kedua terjadi di seluruh dunia karena berbagai sebab
seperti imigrasi . Belajar bahasa lain mungkin menjadi penting dalam aktifitas
intelektual manusia setelah menguasai bahasa ibu. Oleh karena itu, tidaklah
heran bahwa riset di bidang ini menjadi sangat menarik dalam ilmu pengetahuan
kognitif. Sebab begitu kompleksnya dalam penguasaan bahasa kedua tidaklah
mungkin untuk meneliti hal tersebut dari satu perspektif atau pandangan saja.
Selanjutnya beralih kepenjelasan berikutnya setelah kita memahami sedikit
tentang bahasa kedua. Meneliti bagaimana teori teori penulisan dan pengajaran
menulis telah berevolusi . Evolusi disini berarti perubahan pada hal menulis
dari semenjak kemunculan awal sampai sekarang , dari generasi ke generasi
berikutnya.
·
Sifat dari tulisan yang baik, bisa di
lihat dari penulis yag baik adalah pembaca yang baik. Sedangkan syarat menjadi
penulis adalah banyak mebaca. Taukah anda dengan membaca, kita jadi tau
segalanya. Baik dalam wawasan ilmu pengetahuan,teknologi,dan lainnya.Sifat
teks, genre, dan bagimana mereka mencerminkan penggunannya khususnya dalam
komunikasi . Yang dimaksud menulis disini asalah suatu kegiatan komunikasi
secara tidak langsung. Dalam menulis kita dapat menuangkan gagasan,fikiran,
ide, perasaan,pengalaman dalam bentuk media tulis agar bisa disampaikan kepada
orang lain atau pihak lain. Hubungan dalam menulis antar bahasa pertama dan
kedua pastinya sanagt erat hubungan antara satu dengan yang lain. Sehingga
dalam setiap aktifitas pasti ada evolusi baru. Bagaimana kurikulum sekarang
dapat dikembangkan untuk kursus menulis. Kurikulum sendiri memiliki arti sebuah
tantangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal
mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu. Dalam mengembangkan
kurikulum menulis , kita berpusat pada potensi,perkembangan,kebutuhan dan
kepentingan dalam menulis. Sehingga disini dapat ditekankan bahwa kurikulum
menulis harus bisa menampilkan kemahiran isi tulisan, sehingga menulis dalam
menguraikannya. Belajar sepanjang hayat, kurikulum diarahkan kepada proses
pengembangan, pembudayaan,dan pemberdayaan menulis yang berlangsug sepanjang
hayat. Adanya kurikulum ini mencerminkan keterkaitan antara unsur pendidikan
baik formal,nonformal,dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan
menulis yang selalu berkembang serta arah pengenbangan manusia seluruhnya
pengembangan bahan ajar untuk kelas menulis . Jadi seorang guru harus memiliki
wawasan yang cakupannya luas baik dari segi pengalaman maupun ilmu pengetahuan.
Dalam belajar , Kita harus dapat menciptakan suasana yag sangat kondusif bagi
kita,nyaman dan tenang untuk belajar. Pengembangan bahan ajar si dalam kelas
juga bisa dilakukan dengan banyak membaca, karena membaca adalah salah datu
cara yang tepat untuk mendapatkan informasi selain dari mendengarkan. Dengan
semakin banyak membaca, maka akan timbul rasa ingin tau yang besar. Dalam
membaca dibutuhkan kesungguhan. Siapa yang bersungguh sungguh dalam membaca
maka manfaat besarpun akan di dapat. Ketika seseorang sudah mendapatkan ilmu
dari sebuah buku, maka kita wajib menyampaikannya kembali kepada orang
lain.Dengan kita berbagi, ilmu itu akan semakin terasah di dalam otak,sehingga
kita akan semakin memahami apa yang telah kta pelajari. Jadi, untuk membantu
seorang guru untuk pencapai materinya yakni seorang guru harus menguasai
kemapuan kognitif,afektif,dan psikomotorik. Teknologi yang juga ikut
berpartisipasi membantu guru mendapatkan informasi yang banyak . Memberikan
pengetahuan kepada orang lain sama saja membuka hati dan fikiran orang lain
untuk belajar.
0 comments:
Post a Comment