Thursday, March 20, 2014



Writing is Everything to Do
Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara
http://id.m.wikipedia.org/wiki/menulis
Menulis dapat menyebabkan effect samping
Menulis dapat menyebabkan jari kriting
Dapat pula menyebabkan kepala pusing
So wrting is everthing to do something.
Pembahasan pertemuan ini lebih kepada text dan bagian-bagiannya seperti thesis statement. Ok let’s go to read together. Reading and writing is always ideologically motivated. Mengapa demikian? menurut Fowler 1996 mengatakan bahwa ideology is omnipresent in every single text (spoken, written, audio, visual or the combinations of all of them) maksudnya adalah banwa ideology suatu kehadiran dari sebuah text (berbicara, menulis, mendengarkan, melihat atau kembinasi dari gabungan dari rangkaian tersebut). Berbicara text, menurut ! (Fairclough 1989; 1992; 1995; 2000; Lehtonen 2000) bahwa text diproduksi tidak pernah neutral. Selain itu juga literacy tidak pernah netral neutral (Alwasilah 2001; 2012) oleh sebab itu dapat menyebabkan Reading and writing is always ideologically motivated.
Dijelaskan bahwa menulis biasanya mengambil dari bentuk keyakinan dari kehidupan sehari-hari. Dari lengkapnya sebuah text otomatis didalamnya mencakup beberapa bagian seperti tema, judul, Introduction, hook and thesis statement sebelum menjelaskan isi sampai kepada poin of view hingga conclusion. Thesis statement bentuknya adalah seperti main idea tetapi berbeda, thesis statement itu hanya satu atau dua kalimat yang menjadi inti pokok pembahasan dan bukan hanya pada satu paragraph melainkan paragraph yang lain, yang terpenting adalah kita mengacu kepada aspek yang mana dan ambilah yang lebih mudah untuk dapat di explain kembali. Agar jika pada text tersebut terdapatnya sebuah pertanyaan atau menganalisisnya mampu di jawab dengan mudah.
Identifikasi penulisan theisis statement pada topic  dari penulisnya atau opini dari penulis tentang topic . fungsi dari thesis statement itu sendiri adalah  adalah :
1.      Penulis dapat menciptakan focus pada subjek yang di buatnya pada essaynya.
2.      Kehadiran dari thesis statement adalah dapat membantu pembaca untuk mudah dimengerti
Di bawah ini adalah ebberapa pengertian dari Thesis Statement:
·         Tells the reader how you will interpret the significance of the subject matter under discussion. Maksudnya adalah membicarakan pembaca bagaimana akan menginterpretasikan secara significan dari subjek yang di diskusikannya.
  • Is a road map for the paper; in other words, it tells the reader what to expect from the rest of the paper.  Maknanya adalah bahwa  thesis statement itu peta jalan yang terdapat pada kertas yang berisi sekumpulan dari text; dari kata-kata yang lain, yang berbicara pembaca apakah pembaca dapat  menanggapi text yang ada.
  • Directly answers the question asked of you. A thesis is an interpretation of a question or subject, not the subject itself. The subject, or topic, of an essay might be World War II or Moby Dick; a thesis must then offer a way to understand the war or the novel. Secara langsung menjawab dari pertanyaan yang menanyakan kepada kamu. Sebuah thesis statement penafsiran yang berasal dari sebuah poertanyaan atau subjek, tidak mesti subjek tetapi dari topic ataupun dari sebuah essay might be World War II or Moby Dick. Thesis statement harus menawarkan sebuah jalan untuk mengerti pada jalannya atau pada novel.
  • Makes a claim that others might dispute.. thesis statement dapat membuat gugatan dari pendapat yang lainnya juga seperti halnya membuat thesis statement perbandingan antara apa dengan apa.
  • Is usually a single sentence somewhere in your first paragraph that presents your argument to the reader. The rest of the paper, the body of the essay, gathers and organizes evidence that will persuade the reader of the logic of your interpretation.
Thesis statement juga biasanya satu atau kalimat dimana terdapat pada paragraph pertama dari penampilannya untuk menunjukan bahwa itu adalah suatu pendapat yang ditunjukan untuk pembaca. Terdapanya pada sebuah text, bagian dari esssyanya, kumpulan dan struktur petunjuk bahwa akan meyakinkan pembaca berfikir secara logis.
Sebuah thesis adalah hasil dari sebuah proses pemikiran yang panjang. Jadi intinya adalah sebelum kita mengembangkan pendapat kita dari topic, kita akan mengumpulakan dan petunjuk dari strukturnya yang dilihat dari kemungkinan hubungan antara fakta  pengetahuan  (seperti surprising contrasts or similarities) dan berfikir tentang makna dari hubungannya. Jadi kesimpulan dari thesis statement adalah sebuah pernyataan pendek atau dapat dikatakan bagian dari rangkuman atau kata kunci yang mencakup dari penjelasannya yang dikembangkan dari kalimat pendukung atau kalimat berikutnya yang terdapat dari beberapa paragraph. Saya pernah belajar thesis statement pada semester 3 dalam Mata Kuliah Wrting composition, dosennya yaitu Ibu Farah. Di situ di jelaskan dan bagian-bagian dari seseuatu yang membentuk paragraph tentang opinion essyas yang mencakup: judul, introduction, background information, hook thesis statement, topic, main idea dan other sentences yang mendukung dari pembicaraan yang tercatat pada thesis statement sebelum conclusion.
Dapat di lihat daribeberapa penjelasan di atas bahwa semua bagian saling berkaitan dan thesis statement harus menjelaskan apa yang ditulis pada thesis tersebut, jika tidak berkaitan maka kita belum berhasil membuat thesis statemeng.

0 comments:

Post a Comment