Sunday, March 9, 2014



Jika kita melihat kembali kebelakang tentang tugas membuat critical review, di sana terdapat banyak sekali kesalahan. Mulai dari struktur teks yang kurang tepat, cara mengaitkan satu masalah ke masalah lainnya yang belum benar dan masih banyak lagi kesalahan di dalam teks yang saya buat itu.

Nah pada class review kali ini akan membahas materi yang mencakup konteks, delapan parameter dalam konteks, writing and culture, writing and technologi, writing and genre, writing and identity, dan juga hubungan antara literasi dan sejarah.
Untuk pembahasan pertama yang akan saya ulas yaitu mengenai konteks dari sudut pandang Ken Hyland.
1.      Konteks
Menurut Ken Hyland, cara untuk memahami tulisan dikembangkan melalui pemahaman konnteks yang semakin canggih. Perlu disadari bahwa makna bukanlah sesuatu yang berada dalam kata-kata yang ditulis, tetapi diciptakan dalam interaksi antara penulis dan pembaca karena writer and reader memahami kata-kata dengan cara yang berbeda, masing-masing berusaha  menebak niat yang lain. Sebagai akibatnya, analisis dan guru sekarang mencoba untuk memperhitungkan pribadi faktor-faktor kelembagaan, dan sosial yang mempengaruhi tindakan menulis. Secara tradisional, faktor-faktor  kontekstual sebagian besar dipandang sebagai ‘objektif variabel kelas, gender dan ras,’ tapi sekarang cenderung dipandang apa para peserta melihat secara relevan.
Pandangan Dijk mengenai konteks, ini bukan situasi sosial yang mempengaruhi (atau dipengaruhi oleh) wacana, tetapi cara peserta yang mendefinisikan seperti itu. Konteks demikian bukan semacam kondisi ‘objektif’ atau sebab langsung, melainkan (inter)konstruki subjektif dirancang dan ongoingly diperbarui dalam interaksi oleh peserta sebagai anggota kelompok dan masyarakat. Jika mereka, semua orang dalam situasi sosial yang sama akan berbicara dengan cara yang sama. Konteks adalah peserta konstruksi. Van Dijk (2008).
Cutting (2003: 3) menyatakan bahwa ada tiga aspek utama konteks yaitu:
1.      Konteks situaional : apa tahu masyarakat tentang apa yang dapat mereka lihat disekitar mereka.
2.      Latar belakang konteks pengetahuan : apa tahu masyarakat tentang dunia, apa yang mereka tahu tentang aspek kehidupan, dan apa yang mereka tahu tentang satu sama lain.
3.      Co – tekstual: apa tahu masyarakat tentang apa yang mereka miliki telah mengatakan. Aspek-aspek interpretasi telah datang untuk digulung menjadi ide masyarakat. Ini adalah suatu konsep yang bermasalah, tapi menawarkan cara yang berprinsip memahami bagaimana makna diproduksi dalam interaksi.

Dimensi konsep Halliday tentang konteks (1985)
1.        Field: mengacu pada apa yang terjadi, jenis aksi sosial, atau teks adalah tentang (topik bersama dengan bentuk-bentuk yang diharapkan secara sosial dan pola biasanya digunakan untuk mengekspresikan itu.
2.        Tenor: mengacu pada siapa yang mengambil bagian, peran dan hubungan peserta (status dan kekuasaan mereka misalnya, yang mempengaruhi ketertiban, formalitas dan kesopanan).
3.        Mode: yaitu mengacu pada apa bagian bahasa diputar, apa yang peserta harapkan ( apakah lisan atau tertulis, bagaimana informasi terstruktur dan sebagainya ).
Dengan kata lain, bahasa yang kita gunakan harus sesuai dengan situasi di mana kami menggunakannya, dan mendaftarkan merupakan upaya untuk mengkarakterisasi konfigurasi menulis (atau pidato) yang membatasi pilihan menulis akan terbuat dalam suatu situasi. Jadi, beberapa register cukup mengandung fitur yang diprediksi memungkinkan kita untuk mengidentifikasi korespondensi yang erat antara teks dan konteks.
2.      1 Menulis dan Budaya
Gagasan bahwa pengalaman penulis dari prkatik keaksaraan yang berbeda akan mempengaruhi pilihan linguistik mereka menunjukkan bahwa guru harus mempertimbangkan bagian yang dimainkan budaya dalam menulis. Budaya secara umum dipahami sebagai historis ditransmisikan dan jaringan sistematis nakna yang memungkinkan kita untuk memahami, mengembangkan, dan mengkomunikasikan pengetahuan dan keyakinan kita tentang dunia (Lantol 1999).
2.      2  Menulis dan teknologi
Untuk menjadi orang yang melek hari ini berarti memiliki kontrol atas berbagai cetak dan media elektronik. Elektronik memiliki dampak yang cukup besar pada cara kita menulis, genre yang kita buat, identitas pengarang kita asumsikan, dan cara  kita terlibat dengan pembaca. Beberapa yang paling penting di atas tercantum dalam konsep 2.6 di bawah ini:
a.       Kombinasi teks tertulis dengan media visual dan audio lebih mudah.
b.      Mendorong menulis non-linear dan proses membaca melalui hypertext link
c.       Tantangan pemikiran tradisional tentang kepenulisan, wewenang dan intelektual
d.      Izinkan penulis mengakses informasi lebih lanjut dan untuk menghubungkan informasi dengan cara yang baru
e.       Mengubah hubungan antara penulis dan pembaca sebagai pembaca bisa sering ‘menulis kembali’ memperluas berbagai genre dan peluang untuk mencapai yang lebih luas
f.       Blur tradisional lisan dan tertulis
g.      Memperkenalkan kemungkinan untuk membangun dan memproyeksikan sosial identitas baru
h.      Memfasilitasi masuk ke komunitas wacana baru on-line
i.        Meningkatkan marginilisasi penulis yang terisolasi dari baru menulis teknologi.
Jadi pada dasarnya menulis menggunakan teknologi itu untuk memudahkan kita saat mengedit seperti memeriksa ejaan, memotong, menyalin, menghapus, memeriksa tatabahasa dan memasukkan sebuah gambar terhadap tulisan yang akan memberi efek lebih varitif, cantik dan mudah direvisi ulang.
Selain inovasi teknologi tantangan bagi seorang penulis, mereka juga membuka identitas baru, genre dan masyarakat kepada mereka. Munculnya dan popularitas dari blog, chatroom dan listserves, misalnya menghasilkan kedekatan dan kecepatan transmisi yang secara radikal mengubah praktek tekstual dengan mendorong simulasi gaya percakapan secara tertulis.
2.      3 Menulis dan Genre
Genre adalah termotivasi , hubungan fungsional antara jenis teks dan situasi retoris. Artinya, genre bukanlah jenis teks maupun
situasi, melainkan hubungan fungsional antara jenis teks
dan jenis situasi. Jenis teks bertahan karena mereka bekerja, karena mereka merespons secara efektif terhadap situasi yang berulang. Ceo ( 2002)
2.      4 Menulis dan Identitas
Penelitian baru telah menekankan hubungan dekat antara menulis dengan identitas seorang penulis. Dalam arti luas mengacu pada cara bahwa orang-orang menampilkan siapa diri mereka satu sama lain (Benwell dan Stoke  2006: 6).
Pengertian saat ini identitas melihatnya sebagai konteks prular, yang mendefinisikan secara sosial, dan dinegosiasikan melalui pilihan penulis buat dalam wacana mereka.
Selanjutnya beralih ke pembahasan tentang kaitan kontek dan teks menurut lehtonen.
3.      Teks dan Konteks
Konteks dapat diartikan memasukkan berbagai macam hal seperti faktor antara penulis dan oembaca, membawanya kedalam proses formasi pembentukan makna, terutama kemampuan mereka yang tidak bersambungan satu sama laindan kerangka nilai pendapat.
Ada delapan parameter yaitu :
a.       Substansi: materi fisik yang membawa atau replay teks
b.      Musik dan gambar
c.       Paralanguage: perilaku yang berarti bahasa yang menyertainya, seperti kualitas suara, gerak tubuh, ekspresi wajah dan sentuhan ( dalam kecepatan), dam pilihan dari jenis huruf dan ukuran huruf (secara tertulis)
d.      Situasi: sifat dan hubungan objek dan orang-orang di sekitar teks, seperti yang dirasakan oleh para peserta.
e.       Co-teks: teks yang mendaului atau mengikuti yang dibawah analisis, dan peserta yang menilai milik wacana yang sama
f.       Interteks: teks yang peserta anggap sebagai milik wacana lain, tapi yang mereka persekutukan dengan teks dibawah pertimbangan, dan yang mempengaruhi interpretasi mereka
g.      Peserta: niat dan interpretasi mereka, pengetahuan dan keyakinan, sikap interpersonal, afiliasi dan perasaan.
h.      Fungsi: apa teks dimaksudkan untuk melakukan oleg addresser, atau dianggap dilakukan oleh penerima dan addresser.

4.      Hubungan literasi dengan sejarah
Selain mempunyai ilmu bantu dalam keilmuannya, sejarah juga menjalin dengan ilmu-ilmu lainnya terutama sesama ilmu sosial. Lantas apa sih hubungan sejarah dengan literasi? Di sini dapat kita lihat bahwa sejarah dan literasi tidak bisa dipisahkan karena saling membutuhkan. Namun yang lebih dominan membutuhkan bantuan adalah sejarah guna mengungkap suatu masalah.
Perkembangan sejarah setelah perang dunia ke II menunjukkan kecenderungan kuat untuk mempergunakan ilmu-ilmu sosial dalam kajian sejarah. Dasar pemikirannya adalah:
Pertama sejarah deskriptif-naratif sudah tidak memuaskan lagi untuk menjelaskan pelbagai masalah atau gejala yang serba kompleks dalam peristiwa Sejarah.
Kedua, pendekatan multidimensional yang bertumpu pada penggunaan konsep dan teori ilmu sosial paling tepat untuk memahami gejala atau masalah yang kompleks itu.
Ketiga, dengan bantuan teori-teori sosial , yang menunjukkan hubungan antara berbagai faktor (inflasi, pendapatan nasional, pengangguran, dan sebagainya), maka pernyataan – pernyataan mengenai masa silam dapat dirinci, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
Keempat, teori-teori dalam ilmu sosial biasanya berkaitan dengan struktur umum dalam kenyataan sosio-historis. Karena itu, teori-teori tersebut dapat digunakan untuk menganalisis perubahan-perubahan yang mempunyai jangkauan luas. Bila teori-teori sosial itu diandalkan dan dipercaya, maka dengan menggunakan teori-teori itu pengkajian sejarah juga dapat diandalkan seperti halya ilmu-ilmu sosial yang terbukti kesahihan studinya. Dengan cara ini,pengkajian sejarah yang dihasilkan tidak lagi dominan dengan subjektifitas,yang sering dialamatkan kepadanya.
Kelima, studi sejarah tidak terbatas pada pengkajian hal-hal informatif tentang “apa” , “siapa” , “kapan” , “dimana” , dan “ bagaimana”, tetapi juga ingin melacak  pelbagai struktur masyarakat ( sosiologi ), Pola kelakuan ( antropologi ) dan sebagainya. Studi yang menggunakan pendekatan ini akan melahirkan karya sejarah yang semakin antropologis (anthropological history) dan sejarah yang sosiologis ( sosiologycal history ).
Meskipun penggunaan ilmu-ilmu sosial sangat penting, namun terdapat pula kalangan yang justru sebaliknya atau kontra dengan cara berpikir semacam itu. Keberatan mereka juga didasarkan pada beberapa pemikiran. Pertama, bahan sumber sejarah sering tidak lengkap, sehingga kurang memberi pegangan untuk menerapkan teori-teori dari ilmu-ilmu sosial. Kedua, sering pendekatan sosio-historis dipersalahkan memotong kekayaan historis, karena ia hanya menaruh minat pada segi-segi tertentu dari masa silam yang dapat dikaji dengan bantuan ilmu-ilmu soial. Alhasil, masa silam tidak dapat dipaparkan seutuhnya.
DAFTAR PUSTAKA
Angkersmit,F.R. 1987 . Refleksi tentang sejarah : pendapat-pendapat modern tentang filsafat sejarah.( terjemahan Dick Hartoko). Jakarta: Gramedia
Madjid,M. Saleh dan Abd. Rahman Hamid.2008. Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar : Rayhan Intermedia.



0 comments:

Post a Comment