Sunday, March 9, 2014


Menebus Kesalahan Melalui Penjelajahan "Academic Writing"

Mungkin judul diatas terasa sadis untuk saya jadikan sebuah judul. Tapi saya memang benar-benar berkaca pada apa yang telah saya lewati. Kesalahan bukan untuk disesali, tapi kesalahan hadir unntuk diperbaiki. Terbukti ketika Mr. Lala menyuguhkan power point yang didalamnya menyajikan beberapa hidangan yang harus kita perbaiki mengenai critical riview. Sebelumnya, Mr.Lala memberikan komentar terhadap critical riview kedua saya yang berbunyi :
“ Perlu keberanian yang lebih besar untuk mengatakan apa yang hilang dari artikel Zinn. Sebenarnya apa yang kamu ungkap memang masuk akal, tapi pastikan bahwa kamu adalah critical reader plus seorang kritikus teks ya. Kalau mau mengkontekstualisasikan sejarah Amerika dengan Indonesia, mungkin tulisan kamu akan jauuuh lebih panjang daripada yang ini.”
Oleh karenanya, saya merasa tercambuk untuk menebus kesalahan yang telah saya perbuat. Yang perlu digaris bawahi bahwa kita ini sebagai critical reader plus seorang kritikus teks, dari itu kita perlu untuk menjelajahi lebih jauh mengenai critical riview. Mr.Lala mengatakan bahwa ada banyak  ruang untuk sebuah perbaikan . Kesalahan yang perlu kita refisi yaitu mengenai  “ key issues in witing  research and teaching “ yang terdapat pada buku Hyland (2002 ; 2009). Berikut merupakan kunci yang mendonimasi pemahaman saat penulisan menurut Hyland (2002) hlm. 44-73 :
Konteks
            Menurut Hyland (2002) hlm.44-73 mengatakan bahwa cara memahami sebuah tulisan kita harus memiliki perkembangan melalui pemahaman yang semakin tinggi. Makna atau meaning bukanlah sesuatu  yang berada dalam sebuah kata-kata, tetapi diciptakan melalui interaksi antara penulis dan pembaca karena mereka memahami kata-kata tersebut.
            Van Dijk (2008) mengatakan bahwa, hal tersebut bukan situasi sosial  yang mempengaruhi atau dipengaruhi, tetapi suatu cara peserta (pembaca dan penulis) mendefinisikan situasi tersebut. Konteks demikian bukan semacam kondisi  ‘obyektif’ atau penyebab langsung melainkan kontruksi  subjektif yang dirancang dan diperbaharui dalam sebuah interaksi oleh peserta (pembaca –penulis ) ebagai anggota kelompok dan masyarakat. Semua orang dalam situasi sosial yang sama akan berbicara dengan cara yang sama . Konteks adalah peserta kontruksi.
Menurut Daranti dan Goodwin (1992) mengatakan bahwa kita bukan melihat konteks sebagai kelompok variabel  statis yang mengelilingi penggunaan bahasa kita harus melihatnya sebagai sesuatu yang dibentuk secara sosial, antar-aktif berkelanjutan dan terkait waktu.
            Menurut Halliday 1985, konteks dibagi ke dalam 3 bagian, yaitu :
a.       Field, yaitu mengacu pada apa yang terjadi, jenis aksi sosial, atau tentang apa teks tersebut ( topik bersama dengan bentuk-bentuk yang diharapkan secara sosial dan pola biasanya yang digunakan untuk mengekspresikan itu).
b.      Tenor, yaitu mengacu pada siapa yang mengambil bagian, peran dan hubungan peserta ( status dan kekuasaan mereka, misalnya, yang pengaruh keterlibatan, formalitas dan kesopanan ) .
c.       Mode, yaitu mengacu pada bagian mana bahasa yang dimainkan, apa yang peserta harapkan untuk melakukannya ( apakah lisan atau tertulis, bagaimana informasi dibangun, dan sebagainya ).
Menurut Mikko Lehtonen (2000), konteks terbagi ke dalam 8 point yaitu :
Dick dan Kaplinski menyoroti fakta bahwa teks dan konteks dalam hubungan interaktif. Konteks adalah co – teks untuk teks, tetapi teks-teks saja tidak memiliki efek pada apa co- teks lain terkait dengan mereka karena mereka membacanya.
Konteks mencakup semua hal berikut :
  1. Substansi: materi fisik yang membawa atau disampaikan oleh teks
  2. musik dan gambar
  3. paralanguage: perilaku yang berarti bahasa yang menyertainya, seperti kualitas suara, gerak tubuh, ekspresi wajah dan sentuhan (dalam kecepatan ), dan pilihan dari jenis huruf dan ukuran huruf (secara tertulis)
  4. Situasi: sifat dan hubungan objek dan orang-orang di sekitarnya
    teks, seperti yang dirasakan oleh para peserta
  5. Co – teks: teks yang mendahului atau mengikuti yang di bawah analisis, dan yang peserta menilai milik wacana yang sama
  6. Intertext: teks yang peserta anggap sebagai milik wacana lain,
    tapi yang mereka persekutukan dengan teks di bawah pertimbangan, dan yang mempengaruhi interpretasi mereka
  7. Peserta: niat dan interpretasi mereka, pengetahuan dan keyakinan,
    sikap interpersonal, afiliasi dan perasaan
  8. Fungsi: apa teks dimaksudkan untuk dilakukan oleh pengirim dan addressers, atau dianggap dilakukan oleh penerima dan addressees.
Literasi
            Menulis dan membaca adalah tindakan literasi, bagaimana kita benar-benar menggunakan bahasa dalam kehidupan kita sehari-hari. Hyland menyatakan bahwa konsep literasi modern mendorong kita untuk melihat tulisan sebagai praktek sosial, bukan sebagai keterampilan abstrak yang dipisahkan dari orang-orang dan tempt-tempat dimana mereka menggunakan teks. Scriber dan   Cole (1981 : 236) mengatakan bahwa orang yang “melek huruf tidak hanya mengetahui cara membawa dan menulis tetapi menerapkan pengetahuan untuk tujuan tertentu dalam konteks tertentu pula. Pandangan literasi sosial menurut Barton (2007: 34-5) :
1.      Literasi adalah kegiatan sosial dan jauh lebih baik dijelaskan dalam hal praktik literasi/keaksaraan.
2.      Orang-orang memiliki kemahiran yang berbeda yang berhubungan dengan berbagai domain kehidupan
3.      Praktik litersi masyarakat terletak dalam hubungan sosial yang lebih luas, sehingga perlu untuk menggambarkan pengaluran peristiwa literasi.
4.      Praktik literasi berpola oleh lembaga-lembaga sosial dan kekuasaan hubungan, dan beberapa kemahiran yang lebih domain, terlihat dan berpengaruh daripada yang lain.
5.      Literasi didasarkan pada system sebagai cara untuk mewakili dunia, kepada orang lain dan diri kita sendiri.
6.      Sikap dan nilai-nilai yang berkaitan dengan panduan literasi  dan tindakan kita untuk komunikasi
7.      sejarah kehidekita mengandung banyak peristiwa literasi darimana kita belajar dan yang menberikan kontribusi hingga saat ini.
8.      Sebuah peristiwa literasi juga memiliki sejarah sosial yang membantu menciptakan arus praktik
Budaya
            Terdapat hubungan yang erat antara menulis dan budaya. Budaya secara umum dipahami sebagai historis ditransmisikan dan jaringan sistematis makna yang memungkinkan kita untuk memahami, mengembangkan dan mengkomunikasikan pengetahuan dan keyakinan kita tentang dunia  Lantolf (1999). Akibatnya bahasa  dan pembelajaran dikepung dengan budaya. (Kramsch, 1993). Hal ini sebagian karena nilai-nilai budaya kita tercermin dan dilakukan melalui bahasa, tetapi juga karena budaya membuat tersedianya cara tertentu untuk mengorganisir persepsi dan harapan termasuk yang kita gunakan untuk belajar dan komunikasi secara tertulis. Dalam menulis penelitian dan pengajaran, yang terpenting adalah wilayah retorika kontrasif. Retorika kontrasif adalah area penelitian akusisi bahasa kedua yang mengidentifikasikan masalah dalam komposisi yang dihadapi oleh bahasa kedua penulis, dengan mengacu pada strategi retoris dari bahasa pertama
Tekhnologi
            Untuk menjadi orang yang melek aksara (berliterasi) tentunya memiliki control atas berbagai media cetak dan elektronik. Hal ini membuktikan adanya dampak yang besar pada cara kita menulis. Pengaruh tekhnologi elektronik pada penulisan:
1.      Ubah menciptakan mengedit, proof reading dan format proses
2.      Kombinasikan teks tertulis dengan media visual dan audio lebih mudah
3.      Mendorong menulis non-linear dan proses membaca melalui hyperteks link
4.      Tantangan pemikiran tradisional tentang kepenulisan, wewenang dan memiliki keiintelektualan
5.      Mengizinkan penulis mengakses informasi lebih lanjut dan untuk menghubungkan informasi dengan cara baru
6.      Penawaran menulis  guru tantangan dan peluang untuk praktik kelas baru
7.      Meningkatkan marginalisasi penulis yang terisolasi dari menulis tekhnologi baru.


Genre
            Genre diakui sebagai jenis komunikasi tindakan kreatif, yang berarti bahwa untuk berpartisipasi dalam acara sosial, perorangan harus terbiasa dengan genre yang mereka hadapi disana. Oleh karena itu, genre sekarang menjadi salah satu konsep yang paling penting dalam bahasa pendidikan saat ini. Genre adalah proses sosial yang menyebabkan anggota dari budaya berinteraksi untuk mencapainya, mereka berorientasi dengan sebuah tujuan karena mereka telah berevolusi untuk mencapai hal-hal tertentu dan siap dipentaskan karena makna dibuat dalam langkah-langkah dan biasanya membutuhkan penulis lebih dari satu langkah untuk mencapai tujuan mereka. Pada tata bahasa berbasis genredalam pengajaran grammar adalah nama untuk sumber daya yang tersedia untuk penggunaan bahasa yang sistematis untuk identitas
Identitas
Pengertian saat ini identitas melihatnya sebagai konsep plural , yang didefinisikan secara sosial dan dinegosiasikan melalui pilihan penulis buat dalam wacana mereka. Pilihan ini sebagian dibatasi oleh ideologi dominan kemahiran istimewa di masyarakat tertentu, dan sebagian terbuka untuk interpretasi penulis sebagai akibat dari pribadi dan sosial budaya pengalaman. Identitas demikian mengacu penulis berbagai 'diri' mempekerjakan dalam konteks yang berbeda, proses hubungan mereka dengan khususmasyarakat, dan tanggapan mereka terhadap hubungan kekuasaan institusional tertulis di dalamnya. Oleh karena itu identitas perlu dibedakan dari gagasan suara dalam literatur ekspresif. Voice adalah ide yang kompleks dengan berbagai makna dan konotasi, tapi pada dasarnya mengacu pada penulis dis-signature tinctive, cap individu bahwa ia meninggalkan teks (Elbow, 1994).
mengambil pilihan identitas wacana istimewa ini membuat tersedia (Wertsch, 1991). Scollon dan Scollon ( 1981) menggunakan 'esais jangka melek ' untuk merujuk pada praktik keaksaraan tertentu yang memiliki hak istimewa dalam pendidikan. Siswa biasanya diperlukan untuk mengadopsi gaya penulisan di sekolah di universitas yang melibatkan diri anonymising dan mengadopsi kedok rasional, tertarik, pencari asosial dari kebenaran. Dengan melangkah menjadi penulis esais pengorbanan konkrit, dengan entitas dibahas, dan cara yang mewakili berubah sebagai proses dinamis.
Ivanic identitas penulis
  1. The autobiographical self adalah diri yang penulis membawa ke tindakan menulis, dibatasi secara sosial dan dibangun oleh life history penulis. Ini termasuk ide-ide mereka, pendapat, keyakinan dan komitmen : sikap mereka. Sebuah contoh mungkin bagaimana penulis mengevaluasi tanda kutip ia membawa ke dalam teks, atau topik ia memilih untuk mengatasinya.
  2. The discoursal self adalah kesan penulis sadar atau tidak sadar menyampaikan dari diri mereka sendiri dalam sebuah teks. Ini menyangkut penulis suara dalam arti bagaimana mereka menggambarkan diri mereka. Sebuah contoh adalah sejauh mana penulis mengambil praktek-praktek masyarakat yang atau dia menulis untuk, mengadopsi konvensi untuk mengklaim keanggotaan.
  3. The authorial self menunjukkan dirinya dalam tingkat authoritativeness dengan yang penulis tulis. Ini adalah sejauh mana seorang penulis mencampuri ke dalam teks dan mengklaim dirinya sebagai sumber isinya. Hal ini termasuk penggunaan kata ganti pribadi dan kemauan untuk secara pribadi mendapatkan di belakang argumen dan klaim. (Ivanic, 1998; Ivanic dan Weldon, 1999)
            Nah, dari berbagai penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kita harus belajar dari kesalahan yang telah kita perbuat. Begitupun ketika kita mengkritik teks yang ditulis oleh Howard Zinn. Kita gagal dalam mengkritik teks yang Zinn tulis karena kita belum memahami betul keterkaitan antara konteks, literasi, budaya, tekhnologi, genre, dan identitas. Akhir kata, belajarlah dari kesalahan yang lalu supaya kita lebih baik lagi dalam melakukan hal apapun.

0 comments:

Post a Comment