Suatuperjalanan yang sangatpanjangakantetapisyaratakanmakna,
dimanakitaberjalanberliku-likudenganbanyaktantanganakantetapisemuaakanbegitumudahjikakitabersungguh-sungguh.
Satupersatusemuanyaberlalunamunkenanganitutidakakanpernahterlupakan. Itulah
yang diluapkanuntuksemua yang telahkitapelajaridaridosen Mr. LalaBumela.
Beliaudosen yang sangatenergiclagisportif. Beliausudahmelatih dikelaskitaselama
2musimapabiladikatakandalamsebuahajangsepak bola, namun di
ajangduniapendidikanbeliausudahmengampu di kelaskitaselama 2tahun.
Sebuahpencapaian fantastic, dansebuahpencapaianwaktu yang tidakbegitusingkat.
Kinibeliaumengampukembalipadakelaskita di semester 4 denganmatakuliah yang
tidakbegitujauhpula dalamduniamenulis, yaitu Writing and Composition 4.
Dahulusebelummengampumatakuliah writing, beliau pun
mengampumatakuliah writing 2 pada semester 2 dan phonology pada semester 3.
Padapertemuan yang pertama kali ini Mr. LalaBumelamemberikansebuahsilabusuntuksebuahacuanpembelajaran.
Silabustersebuatbukanhanyaberisitentangmateriuntukkedepannya. Akan tetapiberisi
pula berupaperaturandanapasaja yang akankitalakukanuntuksemuatugaskitaselama 1
semester kedepan.
Didalamsilabustersebutterdapatbukuacuankitauntukmembacadalammempelajari
writing 4 ini. Bukuacuantersebutterdapat 12 biji yang diantaranyaterdapatbuku
Prof. Haedar. Selanjutnyaterdapatcourse work evaluations, dari CWE
tersebutterdapat 5 point penilaian yang diantaranya 2 terbaiktugasberupa class
review dan chapter review sebanyak 20%. Point keduayaitu 3 progress test
mencakup 2 terbaikcriticals review dan 1 argumentative essay sebanyak 30%.
Point ketigayaitusatupresentasisecara individual selamaduamenitsebanyak 20%. Point
keempatyaitu blogging 10%. Lalu yang terakhiradalah final exam sebanyak 20%.
Selanjutnyapoint
umumuntukevaluasisepertibiasanyaharusmenyerahkannsebuah passport minimal
sebanyak lima halamanuntuksyaratmengikutimatakuliahini.
Kedisiplinandidalammatakuliahiniadalahnomorsatu, dimanakitatidakbolehtelatlebihdari
10 menitsetelah Mr. Lalasudahberadadidalamkelas.
Bagikaumwanitatidakdiperkenankan make up
didalamkelasselamakelassedangberlangsung.
Sebelumkelasdimulaikelasharusdalamkeadaanbersih.
Selanjutnya, kitabisamenggunakan gadgets denganizin Mr. Lalajikaitusuatu yang penting.
Bagikaumlaki-lakitidakdiperkenankanmenggunsksn t-shirt
danrambutharusdalamkeadaan yang rapihtidakgondrong.
Bagikaumwanitatidakdiperkenankanmenggunakanperhiasanterlalubanyakdanpakaian yangterlalunyentrik.
Yang terpentingdarisemuanyaadalahjagakesopanan.
Didalamsilabusterdapat critical review. Critical review adalahringkasandanevaluasidari
ide daninformasidarisebuahartikel.
Dimanakitaberanimenentangsebuahpenulisdengankritikan yang
amatpedasnamunkitadalammengkritikinyaharusdenganpondasi yang kuat pula. Content
dalammenuliskritiksecaraumumterbagiatas introduction, summary, main body,
conclution, danterakhiradalah references.
Didalam introduction terdapatkalimatpembukauntukmemulaipenulisan,
berijuduldanceritakan topic dalamtekstersebut. Beri pula kata kuncidalam
argument kita, dandiakhir introduction kitaberi statement
evaluasiuntukmembericirikhasdalamtekskita.
Didalam summary kitaakanmenulis main point darisebuahartikel yang
akankitaringkasdanberibeberapacontohdalamartikeltersebut. Beriuraianalasanpenulisdanorganisasikantekskitabilakitabisaberitambahandalam
summary kita, berisajatambahan agar terlihatmenarikdantidakterlihatmonoton.
Didalam main body, kitadiskusikanbenar-benardanevaluasidengan yang
kuat agar kritikankitadalamtekskitatidakterlihatsembronodantanpapondasi.
Bilaperludalamsetiapkritikankitadiberisebuahreferensinya.
Terakhiryaituconclution, dimanakitatuliskesimpulandarisemua
paragraph yang diatas, beriopinikitadalamtekstersebut.
Bilaperlujugaberirekomendasiatau saran untuktekskita agar lebihmenariklagi.
Selanjutnyaadalah Mr. Lalamenceritakankepadakitatingkatankelaskita.
Kelaskitadidalam power point Mr. Lalaberadadalamposisiketiga. Sebuahpencapaian
yang amatmiris, namunkitatidakperlukecewa, yang perlukitalakukanadalahbagaimanakitabangkitmenujupuncaknya.
Hyland mengatakanbelajarbagaimanamenulisdalambahasakeduaadalahsalahsatuaspek
yang paling menantangdaripembelajaranbahasakedua. Bahkanbagimereka yang
berbahasaInggrissebagaibahasapertama, kemampuanuntukmenulissecaraefektifadalahsesuatu
yangmembutuhkanexensivedaninstruksikhusus.
Kesimpulandarisemuanyaadalahdalammempelajariapapun,
kitatidakbolehmenyerahsebelumapa yang kitalaluiberhasil.
Dimanadalammempelajariapapunharusmempunyaikesabaranekstra agar
ketikakitaberhasilmelaluinyaada rasa bahagia yang sangatmendalam.
Khususnyadalammatakuliah writing ini, kitadiberisebuahtantangan yang
sangatberkaitandengan rasa sabarkita.
Samahalnyadenganmencetakgoldalampermainansepak bola. Kita harusmempunyai rasa
sabar agar bisamencetakgol, tentunyadengankecerdikandansabarmakakitabisamencetakgoldengansesuatu
yang sangatindah, begitu pula menulisdengansesuatu yang menarikdanmempunyai
taste yang unik pula agar tercipta yang berbeda.
0 comments:
Post a Comment