Monday, February 10, 2014

Suatuperjalanan yang sangatpanjangakantetapisyaratakanmakna, dimanakitaberjalanberliku-likudenganbanyaktantanganakantetapisemuaakanbegitumudahjikakitabersungguh-sungguh. Satupersatusemuanyaberlalunamunkenanganitutidakakanpernahterlupakan. Itulah yang diluapkanuntuksemua yang telahkitapelajaridaridosen Mr. LalaBumela. Beliaudosen yang sangatenergiclagisportif. Beliausudahmelatih dikelaskitaselama 2musimapabiladikatakandalamsebuahajangsepak bola, namun di ajangduniapendidikanbeliausudahmengampu di kelaskitaselama 2tahun. Sebuahpencapaian fantastic, dansebuahpencapaianwaktu yang tidakbegitusingkat. Kinibeliaumengampukembalipadakelaskita di semester 4 denganmatakuliah yang tidakbegitujauhpula dalamduniamenulis, yaitu Writing and Composition 4.
Dahulusebelummengampumatakuliah writing, beliau pun mengampumatakuliah writing 2 pada semester 2 dan phonology pada semester 3. Padapertemuan yang pertama kali ini Mr. LalaBumelamemberikansebuahsilabusuntuksebuahacuanpembelajaran. Silabustersebuatbukanhanyaberisitentangmateriuntukkedepannya. Akan tetapiberisi pula berupaperaturandanapasaja yang akankitalakukanuntuksemuatugaskitaselama 1 semester kedepan.
Didalamsilabustersebutterdapatbukuacuankitauntukmembacadalammempelajari writing 4 ini. Bukuacuantersebutterdapat 12 biji yang diantaranyaterdapatbuku Prof. Haedar. Selanjutnyaterdapatcourse work evaluations, dari CWE tersebutterdapat 5 point penilaian yang diantaranya 2 terbaiktugasberupa class review dan chapter review sebanyak 20%. Point keduayaitu 3 progress test mencakup 2 terbaikcriticals review dan 1 argumentative essay sebanyak 30%. Point ketigayaitusatupresentasisecara individual   selamaduamenitsebanyak 20%. Point keempatyaitu blogging 10%. Lalu yang terakhiradalah final exam sebanyak 20%.
Selanjutnyapoint umumuntukevaluasisepertibiasanyaharusmenyerahkannsebuah passport minimal sebanyak lima halamanuntuksyaratmengikutimatakuliahini. Kedisiplinandidalammatakuliahiniadalahnomorsatu, dimanakitatidakbolehtelatlebihdari 10 menitsetelah Mr. Lalasudahberadadidalamkelas. Bagikaumwanitatidakdiperkenankan make up didalamkelasselamakelassedangberlangsung. Sebelumkelasdimulaikelasharusdalamkeadaanbersih.
Selanjutnya, kitabisamenggunakan gadgets  denganizin Mr. Lalajikaitusuatu yang penting. Bagikaumlaki-lakitidakdiperkenankanmenggunsksn t-shirt danrambutharusdalamkeadaan yang rapihtidakgondrong. Bagikaumwanitatidakdiperkenankanmenggunakanperhiasanterlalubanyakdanpakaian yangterlalunyentrik. Yang terpentingdarisemuanyaadalahjagakesopanan.
Didalamsilabusterdapat critical review. Critical review adalahringkasandanevaluasidari ide daninformasidarisebuahartikel. Dimanakitaberanimenentangsebuahpenulisdengankritikan yang amatpedasnamunkitadalammengkritikinyaharusdenganpondasi yang kuat pula. Content dalammenuliskritiksecaraumumterbagiatas introduction, summary, main body, conclution, danterakhiradalah references.
Didalam introduction terdapatkalimatpembukauntukmemulaipenulisan, berijuduldanceritakan topic dalamtekstersebut. Beri pula kata kuncidalam argument kita, dandiakhir introduction kitaberi statement evaluasiuntukmembericirikhasdalamtekskita.
Didalam summary kitaakanmenulis main point darisebuahartikel yang akankitaringkasdanberibeberapacontohdalamartikeltersebut. Beriuraianalasanpenulisdanorganisasikantekskitabilakitabisaberitambahandalam summary kita, berisajatambahan agar terlihatmenarikdantidakterlihatmonoton.
Didalam main body, kitadiskusikanbenar-benardanevaluasidengan yang kuat agar kritikankitadalamtekskitatidakterlihatsembronodantanpapondasi. Bilaperludalamsetiapkritikankitadiberisebuahreferensinya.
Terakhiryaituconclution, dimanakitatuliskesimpulandarisemua paragraph yang diatas, beriopinikitadalamtekstersebut. Bilaperlujugaberirekomendasiatau saran untuktekskita agar lebihmenariklagi.
Selanjutnyaadalah Mr. Lalamenceritakankepadakitatingkatankelaskita. Kelaskitadidalam power point Mr. Lalaberadadalamposisiketiga. Sebuahpencapaian yang amatmiris, namunkitatidakperlukecewa, yang perlukitalakukanadalahbagaimanakitabangkitmenujupuncaknya.
Hyland mengatakanbelajarbagaimanamenulisdalambahasakeduaadalahsalahsatuaspek yang paling menantangdaripembelajaranbahasakedua. Bahkanbagimereka yang berbahasaInggrissebagaibahasapertama, kemampuanuntukmenulissecaraefektifadalahsesuatu yangmembutuhkanexensivedaninstruksikhusus.

Kesimpulandarisemuanyaadalahdalammempelajariapapun, kitatidakbolehmenyerahsebelumapa yang kitalaluiberhasil. Dimanadalammempelajariapapunharusmempunyaikesabaranekstra agar ketikakitaberhasilmelaluinyaada rasa bahagia yang sangatmendalam. Khususnyadalammatakuliah writing ini, kitadiberisebuahtantangan yang sangatberkaitandengan rasa sabarkita. Samahalnyadenganmencetakgoldalampermainansepak bola. Kita harusmempunyai rasa sabar agar bisamencetakgol, tentunyadengankecerdikandansabarmakakitabisamencetakgoldengansesuatu yang sangatindah, begitu pula menulisdengansesuatu yang menarikdanmempunyai taste yang unik pula agar tercipta yang berbeda.

0 comments:

Post a Comment