Monday, February 10, 2014

SUMBER TERINDAH
            Untuk membuat class review kali ini yaitu pada pertemuan pertama tidak perlu menjelaskan latar belakang dan hal-hal sejenisnya sebab kita sudah tahu sebelumnya dan telah 2 semseter membuat class review jadi langsung kepada isi pembahasan. Let’s check together………
Berbicara tentang menulis tentunya tidak luput dari paper dan paper. Keinginan untuk menulis tentunya dilandasi pada keinginan yntuk menguak sesuatu permasalahan yang sedang terjadi. Tak banyak orang yang mengetahui betapa hebatnya seseorang yang dapat menulis dibandingkan orang yang mempunyai keahlian lain sebab menulis adalah objek yang sesuai dengan kehidupan.
                        Speaking biasa            Mr. Chaedar                Brilliant Wrting
Berbagai permasalahan tentang menulis telah dijelaskan pada chapter review. Meskipun seseorang speakingnya biassa saja namun luar biasa dalam menulis seperti bapak chaedar sangat brilliant. Wrting 2 dan wrting 4 tentunya harus mengalami berubahan dan harus lebih baik dari sebelumnya, tentunya ini merupakan tantangan bagi saya sendiri untuk terus belajar dan belajar.
            Kealamian dari sebuah tulisan adalah hasil pemikiran seorang penulis melalui objeknya tentunya tidak menghilangkan sumber bahan referensi, komunikasi di berbagai tempat untuk mendapatkan bahan informasi, experimen dan lain sebagainya.
Menurut  Hyland Tahun 2012 mengatakan bahwa “To help teachers of language become teachers of writing. Statement tersebut sangat memotivasi  mahasiswa agar dapat menulis. Kata kunci ini ada pada The development of instructional materials for a writing class. Pengajaran di dalam kelas sangat membantu kita untuk mendapatkan ilmu dan informasi baru selebihnya kita dapat mencari tahu sendiri informasi tersebut.
                                                            composing skills
Menulis melibatkan                             knowledge                  texts
reader                                                                                                contexts
            dari gambar di atas jelas sekali bahwa wrting dapat mencakup semua hal baik dari isi textnya maupun  dari sisi pembacanya. Isi dari sebuah tet dalam penulisan tentunya harus mengetahui sasaran pembaca atau objek yang di tuju, isinya harus menarik pembaca agar tertarik dan tidak menjenuhkan selain itu penggunaan bahasa yang fleksibel dan mampu memberikan informasi dan pengetahuan bagi pembaca.
                                    writing improves
 


PRACTICE
Practice bukan hanya pada diri sendiri saja melainkan practice dengan orang lain yang dapat membuat inspirasi dan motivasi.

Your first language (L1)
 
is the foundation for your second language (L2)
dari pernyataan di atas secara tidak langsung berarti kita harus menguasai bahasa Negara kita sendiri karena itu merupakan fondasi dariapa yang kita pelajari pada bahasa yang ke dua yaitu bahasa inggris. Tidak  menutup kemungkinan pula bahasa pertama kita tidak menguasai sedetail mungkin disebabkan Karena kita selalu belajar bahasa yang kedua.
            Menjadi seorang dosen ataupun guru mempuyai bentu segitiga berikut gambarnya.
 


classroom activitiestheoryresource           




Keterangan:
Dari gambar segitiga di atas dapat di pahami bahwa kekuatan seorang dosen di aplikasikan dalam bentuk segitiga tersebut yang artinya dosen harus mampu menguasai theory yang di ajarkan sehingga mahasiswa dapat mengerti dan menerima materi tersebut. Kemudian selain theory yang di sampaikan dosen juga memiliki resource atau sumber daya yang mendukung dari theory tersebut jadi seorang dosen tidak asal-asalan dalam memberikan materi kepada mahasiswanya dan penuh pertimbangan dalam mengambil keputusan. Kedua poin tersebut diterapkan pada aktivitas kelas sehingga suasana kelas menjadi hidup dan menjadi antusias dalam menanggapi materi yang sedang di sampaikan oleh dosennya. Ketiga poin tersebut dapat menjadi kekuatan seorang dosen dalam menyampaikan materi yg di ajarkannya.
Selanjutnya kembali kepada proses menulis dapat digambarkan antara penulis dan pembaca sehingga mencapai meaning. Berikut simulasinya.

MEANING
W R






Ketarangan :  dapat kita lihat hubungan antara pembaca dan penulis, sangat dekat dan saling berdampingan sehingga untuk mencapai ke meaning terdapat diantara penulis dan pembaca yaitu terdapat di tengah-tengah. Tentunya selain itu juga kedua posisi tersebut di landasi oleh “ Thingking” keduanya sama – sama berfikir, posisi pembaca berfikir untuk memahami isi dari buku tersebut dan mengkritisi apa kekurangan dan kelebihan dari buku yang di bacanya. Selanjutnya tugas seorang penulis harus bias menerima kritikan dari pembaca dan menjawab dari serangkaian pertanyaaan yang di ajaukannya sehingga pembaca sangat di respon oleh penulis tentunya penulis berlatar belakang lebih tinggi sebab sudah menjadi hal biasa menerima kritikan dan tanggapan dari berbagai pihak. Akan tetapi hal yang paling luar biasa bagi seorang penulis adalah mampu merespon kritikn tersebut menjadi suatu tindakan yang super.

0 comments:

Post a Comment